20.09
Mesin-mesin kantor (office machine)
Segenap alat yang digunakan untuk menghimpun, mencatat, mengolah
bahan-bahan keterangan dalam pekerjaan tata usaha yang bekerja secara
maknetik, elektronik dan mekanik. Contoh mesin-mesin kantor adalah
sebagai berikut.
calculator |
b) Mesin tulis (type writer)
manual type wryter |
electric type writer |
c) Mesin pengganda (reproducing machine)
fotocopy |
d) Mesin label (labeling machine)
labeling machine |
e) Mesin penomor (numbering machine)
numbering machine |
Baca Alat Komunikasi Kantor
g) Mesin perekam misalnya tape recorder, dictaphone, transcriber.
h) Ohp, lcd.
ohp |
lcd infocus |
i) Komputer
computer |
4. Perabot kantor (office furniture)
Yaitu benda-benda kantor yang umumnya terbuat dari bahan yang kuat
seperti kayu atau baja yang digunakan untuk pekerjaan tata usaha.
a. Meja kantor
Meja kantor yang baik harus memenuhi beberapa persyaratan, diantaranya :
a. Meja kantor
Meja kantor yang baik harus memenuhi beberapa persyaratan, diantaranya :
- Dari permukaan meja sampai lantai tidak seluruhnya tertutup, bagian bawahnya harus mempunyai kaki-kaki yang cukup terbuka untuk tempat peredaran udara.
- Permukaan meja tidak berkilat-kilat agar tidak menyilaikan para pegawai yang memakainya.
- Luas meja tidak terlampau berlebihan, karena luas meja yang berlebihan biasanya tidak dipergunakan untuk melaksanakan pekerjaan tapi digunakan untuk fungsi yang lain.
- Meja kantor ada beberapa jenis, dilihar dari ukuranya dan fungsinya jenis-jenis meja kantor adalah:
Meja besar atau satu biro dengan ukuran p = 121,5 cm, l = 71 – 80 cm, t = 74 cm biasanya digunakan oleh direktur.
meja 1 biro |
meja 1/2 biro |
Meja biasa dengan ukuran p = 120 cm. l = 70 – 72 cm, t = 75 cm meja ini digunakan oleh pegawai biasa
meja biasa |
Meja khusus sesuai dengan kegunannya juru tik, insinyur, desainer dll
Meja rapat sesuai dengan jumlah peserta rapat kegiatan rapat atau pertemuan baik dalam jumlah besar maupun dalam jumlah kecil
b. Kursi.
Menurut Ralph Barnes kursi kantor yang baik harus memenuhi persyaratan antara lain :
a) Dapat diatur tinggi rendahnya.
b) Dibuat secara kokoh.
c) Disesuaikan dengan bentuk badan orang.
d) Mempunyai penyangga belakang.
computer desk |
meeting desk |
Menurut Ralph Barnes kursi kantor yang baik harus memenuhi persyaratan antara lain :
a) Dapat diatur tinggi rendahnya.
b) Dibuat secara kokoh.
c) Disesuaikan dengan bentuk badan orang.
d) Mempunyai penyangga belakang.
kursi pimpinan |
c. Lemari
Lemari di kantor dapat dibedakan berdasarkan kegunaanya, macam-macam lemari atau alat penyimpan di kantor antara lain:
5. Hiasan kantor (office ornament)
Lemari di kantor dapat dibedakan berdasarkan kegunaanya, macam-macam lemari atau alat penyimpan di kantor antara lain:
- Lemari-lemari warkat, lemari ini biasanya digunakan untuk menyimpan warkat atau dokumen yang belum difile atau belum disimpan.
- Lemari rak, lemari yang digunakan untuk menyimpan dokumen seperti buku, laporan yang sudah dibundel atau dimasukan dalam odner.
lemari arsip - Lemari brandkas (cash box) lemari ini digunakan untuk menyimpan uang atau dokumen-dokumen penting dan surat berharga perusahaan.
cash box - Filling cabinet, alat untuk menyimpan dokumen yang telah selesai diproses dan dijadikan sebagai arsip perusahaan.
filling cabinet
5. Hiasan kantor (office ornament)
Yaitu benda-benda kantor pada umumnya untuk menambah suasana
menyenangkan di kantor. Berfungsi untuk menambah suasana indah di dalam
kantor sehingga semangat kerja pegawai dapat meningkat, dengan adanya
hiasan di kantor diharapkan dapat mengurangi stress pegawai sehingga
kinerja meningkat.
Beberapa contoh hiasan kantor antara lain :
a) Bunga hidup atau pohon hidup.
b) Lukisan-lukisan.
c) Akuarium
d) Lampu hias
a) Bunga hidup atau pohon hidup.
flower in the vas |
c) Akuarium
d) Lampu hias
lampu hias |
6. Perabot kantor tempelan (office fixture)
Yaitu perabot yang telah melekat menjadi satu dengan bangunan lain di
kantor. Misalnya lemari yang telah menjadi satu dengan gedung, rak buku
yang menempel di dinding.
7. alat bantu peraga
lemari dalam dinding |
7. alat bantu peraga
Yaitu alat-alat yang digunakan untuk membantu kelancaran komunikasi
antara penyaji dan pendengar misalnya tape recorder, LCD, televisi
dll. Alat ini sangat penting ketika terjadi komunikasi antara penyaji
dan pendengar untuk membantu meningkatkan pemahaman antar komunikan dan
komunikator.
Beberapa contoh antara lain:
a) LCD, OHP.
b) Microphone
c) Video, Televisi.
Perlengkapan kantor tersebut seharusnya dapat meningkatkan kinerja
pegawai kantor di suatu instansi. Penggunaan perlengkapan kantor juga
harus diperhatikan agar perlengkapan kantor tersebut tidak mudah rusak,
sehingga akan menghemat pengeluaran suatu kantor. Untuk memilih
peralatan kantor yang baik untuk suatu kantor ada baiknya simak
penjelasannya pada artikel Cara Memilih Perlengkapan Kantor
Beberapa contoh antara lain:
a) LCD, OHP.
b) Microphone
microphone |
tv led |
0 komentar